Ramai Festival Kuliner dan Festival UMKM pasca Event Aqua Bike Jetski World Championship 2023

 

Silalahi, Dairi, PW-
Panggung yang cukup besar telah berdiri di halaman Dermaga Silalahi berikut juga stand stand Kuliner dan Stand UMKM yang berdiri berjejer rapi disepanjang jalan menuju Dermaga tempat berlangsungnya Event Aqua Bike Jetski World Championship 2023, Rabu, 22.11.2023. Dimana Danau Silalahi Sabungan terpilih menjadi salah satu lokasi dari 4 lokasi penyelenggaraan Event perlombaan Aqua Bike Jetski International World Championship 2023.

Aqua Bike Jetski World Championship 2023 digelar di empat Kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi dan Samosir. Acara inierupakan olahraga air yang dituan rumahi Danau toba pada tahun ini. Ada 128 pembalap dari 22 negara yang berpartisipasi ditambah 10 rider dari Indonesia.

Ajang Event Aqua Bike Jetski World Championship 2023 nantinya dimulai dengan nomor ketahanan yang dilangsungkan hari ini 22.11.2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo cup dan diikuti 41 peserta. Kemudian dilanjutkan di Kabupaten Dairi pada Kamis 23/11/2023 dan ditutup di Kabupaten samosir, Jumat 24/11/2023. Secara total pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Setelah itu GP Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di kota Balige, Kabupaten Toba Samosir pada 25-26 November 2023 yang diikuti 77 rider. Dalam nomor ini ada 5 kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Free style dan Paralel slalom.

Kapolres Dairi, AKBP Agus Bahari, P.A, S.I.K, SH, M.Si mengatakan jalur lintas ke Silalahi akan ditutup secara kolektif. Kendaraan yang boleh turun akan dievaluasi. Saat pelaksanaan jalur akan ditutup secara kolektif. Bagi kendaraan yang diperbolehkan turun hanya bagi kendaraan penduduk lokal dan pengunjung Event tersebut.

“Bagi masyarakat yang ingin ke Medan dari Sidikalang atau sebaliknya dengan melewati jalur Silalahi tidak diperbolehkan.” ujar Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari. Yang mana menurutnya hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kemacetan pada hari pelaksanaan sampai dengan selesai Kamis, 23.11.2023

Saat ini Agus Bahari memastikan kesiapan petugas dalam menjaga keamanan dalam pelaksanaan, dimana petugas dari Polres Dairi akan dibantu oleh petugas dari Polda Sumut serta unsur TNI, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Dairi dengan total personil mencapai 522 personil.

Sementara itu ditempat yang sama Dandim 0206/Dairi Letkol Inf. Goklas Pirtahan Silaban mengatakan bahwa kehadiran TNI adalah untuk memback up pihak Kepolisian dalam pengamanan rute. Goklas juga menjelaskan bahwa personil TNI yang ditugaskan bahwa selain dari Kodim 0206/Dairi dan Yonif 125/SMB, personil dari TNI juga dibantu Pomdam I/BB.

Lebih lanjut Dandim 0206/Dairi dan Kapolres Dairi mengatakan bila kemungkinan besok akan ada bantuan tambahan pasukan dari Kodam I/BB dan Polda Sumut. “Yang mana rencananya besok Pangdam I/BB Mayor Jenderal Mochammad Hasan dan Kapolda Sumut Irjend Pol. Agung Setya Imam Efendi akan hadir disini.” ujar Goklas Pirtahan Silaban.

“Bila cuaca bagus, naik Helikopter. Bila cuaca buruk, mungkin naik Speedboat” tambah Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari mengakhiri kepada PW.
(Mula)

Related posts